PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN FSAINSTEK UMUS PENGOLAHAN LIDAH BUAYA (ALOE VERA) DI KEC. BANJARHARJO

Tanaman lidah  buaya (Aloe  vera) dewasa ini merupakan salah satu komoditas pertanian daerah tropis yang mempunyai peluang sangat besar untuk dikembangkan di Indonesia sebagai usaha  agribisnis dengan prospek yang cukup menjanjikan. Lidah buaya (Aloe vera) merupakan tanaman unik yang memiliki banyak keistimewaan. Selain banyak dibutuhkan sebagai bahan baku industry obat (farmasi) dan bahan kosmetik, Lidah buaya dapat dibuat menjadi aneka olahan makanan dan minuman. Nata de aloevera adalah salah satu produk agroindustri berbahan dasar lidah buaya  berupa bentuk minuman Nata yang sudah dikenal luas. Nata de aloevera. Selain mempunyai  kandungan nutrisi yang cukup lengkap, lidah buaya juga mudah untuk di budidayakan dan pemeliharaannya relatif mudah. Kecamatan Banjarharjo merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Brebes yang struktur tanahnya lebih cocok untuk pertanian dan memiliki intensitas penyinaran matahari yang baik,sehingga daerah ini sangat sesuai untuk pertumbuhan lidah buaya.

Lidah buaya mempunyai kan-dungan nutrisi yang cukup lengkap antara lain vitamin A, B1, B2, B3, B21, C, E dan kandungan Choline, Inositol, dan Folic acid. Sedangkan kandungan  mineralnya antara lain Calcium, Magnesium, Potassium, Sodium, Iron, Zinc, dan Chromium. Enzim yang terkandung dalam lidah buaya antara lain Amylase, Catalase, Cellulose, Carboxypeptidase, Carboxyhelolase, dan Brandykinase. Selain itu lidah buaya mengandung Asam Amino  yaitu  Arginine,  Asparagin, Asparatic Acid, Analine, Serine, Valine, Glutamat, Threonine, Glycine, Lycine, Yrozine, Proline, Histidine, Leucine, dan Isoliucine.

Pada pengabdian masyarakat ini dilakukan di 4 desa yaitu Desa Banjarharjo, Desa Cikuya, Desa Malahayu dan Desa Parereja dengan peserta adalah ibu-ibu PKK. Tanggapan ibu-ibu PKK sangat antusias dengan kegiatan ini karena memberikan pengetahuan baru bagi merekaa dan dapat memanfaatkan lidah buaya yang selama ini ditanam dipekarangan ternyata dapat dimanfaatkan sebagai pahan sehat. Kegiatan ini lansung dipandu oleh dosen Fakultas Sains dan Teknologi UMUS brebes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *